HUBUNGAN MASYARAKAT
Pengertian humas (hubungan masyarakat) adalah usaha untuk
membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan
bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. Kesuksesan atau kegagalan dari
sebuah organisasi dapat dipengaruhi oleh kegiatan humas atau Public Relations
(PR).
Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, dimana
masyarakat atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan, maka peran
humas sangat penting sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang
jelas dan sesuai fakta yang ada di perusahaan, pemerintahan maupun organisasi
lainnya, dengan cara yang baik dan benar agar dapat diterima publik. Dunia
kehumasan atau public relations akan selalu bergerak dinamis seiring perubahan
di tengah masyarakat. Perubahan yang terjadi baik dalam skala kecil maupun
skala besar harus menjadi perhatian seluruh praktisi kehumasan agar peran humas
kian kontekstual namun tetap profesional.
Peran Penting HUMAS
Keberadaan humas sangat dibutuhkan dan penting untuk
membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan
stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi,
citra dan komunikasi mutual benefit relationship.
Untuk berkomunikasi dengan publik, Humas juga mendekatkan
diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial ataupun dengan menyediakan
informasi mengenai perkembangan organisasi terkini. Tidak hanya itu, Humas
perlu juga menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang
diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin menyampaikan
keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan organisasi.
Humas berfungsi untuk mengetahui dan mengevaluasi
opini-opini publik yang berkaitan dengan organisasi, serta memanfaatkan
komunikasi sebagai media untuk memberikan informasi yang sesuai dengan fakta,
disampaikan dengan cara-cara yang baik dan benar untuk mengarahkan opini publik
ke arah yang diharapkan.
Tidak itu saja, HUMAS bisa berfungsi sebagai marketing yang
harus "jualan" apa yang dipunyai organisasi. Fungsi marketing sangat
kental di humas sebagai komunikasi massa. Produk-produk yang dimiliki
disampaikan ke masyarakat, melalui strategi komunikasi tujuannya supaya
masyarakat tahu ada produk yang dikerjakan sehingga masyarakat tahu kinerja
organisasi tersebut. Jadi upaya-upaya yang dilakukan humas ada dua, yaitu
menjaring opini publik dan marketing.
Sumber Daya HUMAS
Seiring dengan kesadaran bahwa humas memegang peranan yang
sangat penting dalam membangun citra organisasi, keberadaan humas adalah suatu
kebutuhan yang harus diprioritaskan. Untuk itu perlu juga didukung SDM (Sumber
Daya Manusia) dengan kapasitas yang kompeten di bidang kehumasan serta
dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.
Profesionalitas dalam kehumasan menjadi kunci utama dalam
menjalankan tugas, untuk itu diperlukan standar kompetensi bagi siapapun yang
ditugaskan pada posisi tersebut sebagai budaya kerja yang baik. Upaya
penyampaian pesan yang dilakukan, sudah menunjukan bahwa humas sudah
menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional.
Akan tetapi SDM yang berkualitas dan anggaran yang memadai
tidak akan berarti banyak apabila tidak didukung oleh strategi yang tepat. Agar
Humas dapat menjalankan fungsinya dengan lebih efektif, efisien, dan tepat
sasaran, perlu strategi komunikasi dan publikasi yang tepat berorientasi pada
pembentukan opini publik. Dalam pelaksanaannya perlu didukung oleh kemudahan
akses kepada unsur pimpinan dan dukungan satuan kerja lain yang terlibat.
Organisasi yang ideal adalah setiap anggota dan unsur
internal menyadari bahwa sesungguhnya merupakan humas bagi organisasinya.
Dengan adanya kesadaran tersebut, maka setiap anggota organisasi akan konsisten
menjalankan peran kehumasan, baik dengan menghindari perbuatan yang akan
berdampak negatif bagi citra organisasi maupun dengan aktif mengkomunikasikan
hal-hal yang sifatnya positif sehingga mampu membangun citra organisasi di mata
pihak eksternal.
Komentar
Posting Komentar